KIPO Breaking

POPULER:Wempi Wetipo 10 Tahun Jadi Bupati Pakai Ijazah Palsu

Ijazah Stisipol Silas Papare Jayapura milik Bupati Jayawijaya John Wempi Wetipo adalah Ijazah Palsu. Tanpa diketahui masyarakat, Wetipo berhasil pakai Ijazah Palsu ini dan jadi Bupati Jayawijaya selama 10 tahun. (Foto : Jubi Online).
JayapuraBlog.Wordpress.com —Tanpa diketahui publik,  Bupati Jayawijaya John Wempi Wetipo yang memimpin Kabupaten Jayawijaya selama hampir 10 tahun ini ternyata berijazah palsu. Wetipo diketahui memiliki Ijazah Strata Satu (S1) dari STISIPOL Silas Papare Jayapura yang ternyata dipalsukan.
Bukti-bukti kepalsuan Ijazah yang dimiliki Wetipo adalah, Pertama, NIRM (Nomor Induk Registrasi Mahasiswa) : 892 308 281 dan Nomor Ujian : 319 adalah atas nama Sadiyo, bukan Wempi Wetipo. Bukti ini berdasarkan bukti Daftar Nilai Ujian Negara Periode I Kopertis Wilayah XII tahun 1999.
Kedua, Foto Wempi Wetipo di Ijazah menggunakan  Toga. Padahal, Toga hanya biasa digunakan pada acara wisuda.
Ketiga, tanda tangan Koordinator Kopertis Wilayah XII, Maluku dan Irian Jaya diragukan karena berbeda dengan tanda tangan asli Koordinator Kopertis Wilayah XII pada daftar nama-nama Wisudawan dan Wisudawati tanggal 16 Agustus 1999. Nama John Wempi Wetipo pun ternyata tidak ada dalam daftar tersebut.
Keempat, masa kuliah yang bersangkutan cukup lama dari 1989-1999 (11 tahun) terbaca pada ijaza tahun angkatan masuk 1989 seperti yang tertera pada awal NIRM. Padahal, sesuai bukti yang ada, Wetipo tidak pernah terdaftar sebagai Mahasiswa Angkatan Tahun 1989.
Terkait Ijazah Palsu yang dimiliki Bupati Wetipo, Koordinator Kopertis Wilayah XII Maluku dan Irian Jaya telah menyurati Dirjen Kemendikbud. Surat tersebut ditandatangani oleh Dr. Zainuddin Notanubun M.Pd tanggal 20 Desember 2012. Dr. Notanubun saat itu menjabat Koordinator Kopertis.
Pembuktian lain adalah Keterangan resmi kepada Kelompok Masyarakat Jayawijaya melalui Surat Resmi yang ditandatangani oleh Koordinator dan Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah XII Maluku dan Irian Jaya, Dra. Metha Gomies M.Si tertangal 14 November 2012.
Ijazah palsu dari STISIPOL Silas Papare Jayapura ini kemudian digunakan oleh John Wempi Wetipo untuk melanjutkan studi dan mendapat gelar Strata Dua bidang Pariwisata.
Suap Polisi dan Keroyok Aktivis
Kelompok Masyarakat Jayawijaya yang melapor temuan berdasarkan fakta ini ke Polda Papua tidak pernah didengar.
Beberapa petinggi Polisi yang memiliki rekening gendut diduga kuat telah disuap oleh John Wempi Wetipo. Polisi pun menjadikan Wetipo sebagai ATM Berjalan, yang kapan saja bisa didekati untuk mendapatkan uang tunai.
Wetipo selama 10 Tahun memimpin Kabupaten Jayawijaya dengan tangan besi dengan maksud menyebarluaskan teror permanen sehingga masyarakat dan aktivis tidak bisa berkutik mempersoalkan kejahatannya memalsukan dokumen negara.
Dia pun terang-terangan melakukan korupsi Beras Miskin dan Pungutan Liar melalui Rute Maskapai Penerbangan yang kontraknya dilakukan menyerupai mafia.
Suami Yakoba Lokbere ini beberapa waktu lalu memerintahkan Satpol PP dan mengeroyok seorang aktivis Papua asal Jayawijaya yang mau membongkar gurita pencurian Beras Miskin. (BacaKejati Papua Buka Kembali Kasus Pencurian Beras Miskin yang Melibatkan Bupati Wempi Wetipo).
Kejadian tersebut membuat trauma para aktivis untuk melawan ketidakadilan yang dimotori pria taat beragama ini.@JayapuraBlog.

Tidak ada komentar

close
Banner iklan disini