KIPO Breaking

8 NELAYAN MANAKWARI MENDAPATKAN PONSEL CANGGIH DARI PEMERINTAH PUSAT

KIPOnews- Pemerintah pusat akan menyiapkan bantuan ponsel atau telepon genggam canggih untuk para nelayan di wilayah Indonesia timur.

Janji itu diberikan Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara saat bertatap muka bersama forum komunikasi pimpinan daerah Papua Barat, serta para tokoh, adat, agama dan akademisi di Manokwari, Kamis (17/12/2015) malam.

Dia mengatakan ponsel itu memiliki fasilitas berupa aplikasi yang berfungsi untuk mendeteksi keadaan iklim dan cuaca, mencari letak ikan dan "global positioning system" (GPS). Melalui aplikasi itu, diharapkan nelayan bisa lebih aman saat melaut.

"Kami akan mendorong percepatan pembangunan di wilayah Papua, khususnya pembangunan di jalur komunikasi, di wilayah timur Indonesia telah tertinggal dalam hal komunikasi," sebutnya.

Ke depan komunikasi menjadi salah sarana mencetak uang, yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Bantuan ponsel canggih ini pun, diharapkan, bisa memberi manfaat ekonomi bagi nelayan di daerah tersebut.

"Sekarang pun kita sudah bisa lihat, sudah banyak masyarakat yang berbelanja melalui via komunikasi internet," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Papua Barat Abraham O Atururi berharap pemerintah pusat mendorong pembangunan bandara berskala internasional di wilayah Papua.

"Kami di wilayah Papua merasa dianaktirikan terkait pembangunan bandara karena sampai saat ini bandara di wilayah Papua belum menjadi bandara internasional," ujarnya.

Dia berharap pemerintah pusat meninjau dan bisa mendorong bandara yang ada di wilayah Papua saat ini menjadi bandara internasional. Sementara pelayanan kesehatan, dia berharap pemerintah pusat mendukung adanya rumah sakit terapung di daerah tersebut.

"Wilayah Papua merupakan wilayah kepulauan sehingga jika hal itu bisa diwujudkan, layanan kesehatan, bisa menjangkau di wilayah terpencil yang yang sulit dijangkau dengan perjalanan darat," kata Abraham. (Antara)

Tidak ada komentar

close
Banner iklan disini